« Home | NURLELA si laptop primadona » | antara bandung, hijau dan kerinduan » | akan berubah !!!! » 

Sebuah ruang kosong selalu ada di sela-sela detik hidup kita, antara satu detik ke detik berikutnya. Selalu ada momen dimana kita merasa kosong, merasa mengambang, merasa seperti tidak ada.

Ruang kosong itu seperti bayangan ada dimana kita berpijak. Namun ruang kosong akan tetap ada walaupun tak ada matahari. Ia hadir dengan atau tanpa kita sadari. Kadang terlewat begitu saja, kadang begitu menakutkan hinga kita menghindar, dan kadang kita begitu merindukannya.

Bagi saya ruang kosong iu sedikit romantis, selain hujan, ruang kosong bisa menjadi obat kejenuhan yang ampuh. Bangku, meja dan aroma sunyi itu membuat pikiran menjadi tenang. Seperti menarik nafas dan menghembuskannya dengan penuh kelegaan.

Adakalanya manusia begitu takut sendirian, takut akan sebuah kondisi dimana kita tidak berpikir atas kehendak sendiri namun atas kehendak bersama, antara kita dan lawan bicara kita. Dan lawan bicara ini bisa saja bukan manusia. Kesepian bisa membuat kita mencari sebuah objek yang kita imajinasikan seperti bernyawa, berpikiran, dan mempunyai perasaan.

Berpikir sendiri berarti sadar akan apa yang menjadi kenyataan. Apa yang benar-benar kita hadapi. Dan kesendirian akan mebuka ruang dimana kita bisa berpikir jernih dengan pikiran murni kita sendiri.

Nah, begitulah ruang kosong menjadi benar-benar kosong karena manusia cukup mengerti akan ketakutannya sehinggan enggan untuk sendirian. Namun bangku yang kosong bisa juga berarti sebuah introspeksi, dan ruang yang sepi bisa menjadi sebuah momen yang menakjubkan. Dimana kita mulai mengkoneksikan antara harapan , imaji, ilusi dan kenyataan.

Menyadari betapa semuanya harus kita hubungkan dalam sebuah beanang merah yang bisa kita pegang untuk menjalani hidup. Tidak hanya hidup dalam harapan, hidup dalam ilusi, hanya hidup dalam mimpi dan tidak juga hidup hanya dalam kenyataan.

Setiap manusia harus bermimpi, harus berharap, harus menganal ilusi dan harus pula hidup dalam kenyataan. Keselarasan antara semua adalah sebagian cara dalam hidup manusia untuk mencapai kedamaian.

Maka ruang kosong bisa berarti sebuah ide brilian yang menyadarkan kita bahwa kita tak pernah menjadi sempurna. Namun bisa berusaha untuk menyelaraskan berbagai aspek dalam hidup kita yang sering bertntangan.

Ruang kosong bisa menjadi ruang kosong yang benar-benar berguna, asalkan kita mau menghadapinya bukan menghindarinya.

Selamat menikmati ruang kosong dalam hidup Anda. Dan jangan khawatir, itu adalah ruang paling pribadi Anda. Anda boleh kok untuk tidak membaginya dengan siapapun, termasuk orang terdekat Anda.

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x